4 Nutrisi Makanan Ibu Hamil di Usia Kehamilan 4 Bulan

Pada umur kehamilan 4 bulan, proses pembentukan tubuhnya memang belum sempurna. Soalnya pembentukan itu baru terjadi ketika memasuki usia 5 bulan. Usia kandungan 4 bulan selalu jadi momen penting buat ibu di mana pun berada, sebab inilah bulan saat bayi memiliki nyawa. Untuk menghindari gangguan, Mom wajib konsumsi 4 nutrisi ini.

·       Sumber Makanan dengan Kandungan Zat Besi Tinggi

Kondisi bayi saat memasuki usia kehamilan 4 bulan itu cukup rentan kalau tidak dijaga baik-baik. Salah satu cara menjaganya dengan memberinya asupan zat besi yang maksimal. Zat ini akan membuat perkembangan sel-sel darah merah akan menguat. Penting sekali untuk menjaga metabolisme dalam tubuh bayi.

Dengan zat besi yang tinggi, aliran oksigen ke janin bisa tersuplai dengan lancar. Daging merah seberat 100 gram saja sudah bisa memberikan kebutuhan zat besi sebanyak 27%. Selain itu, konsumsi bayam, tomat, kacang hijau kuning telur, dan kentang juga bagus untuk menyuplai zat besi untuk janin.

·       Sumber Makanan dengan Kadar Lemak yang Rendah

Bagaimana pun, lemak tetap dibutuhkan oleh bayi saat memasuki usia kehamilan 4 bulan. Tapi tidak boleh terlalu banyak. Kelebihan asupan lemak untuk orang dewasa saja tidak boleh kan, Mom? Nanti bisa menyumbat aliran darah. Berhubung lemak itu minyak, sedangkan darah itu air. Keduanya tidak bisa menyatu.

Mayoritas makanan yang punya kadar lemak rendah itu seputar buah-buahan dan sayuran. Tapi ada juga kacang-kacangan kalau mau camilan sehat. Bahkan sekarang sudah banyak yang memproduksi susu berlemak rendah. Misalnya yoghurt dan keju. Tujuannya agar berat bayi dalam perut maupun tubuh Mom tetap terjaga.

·       Sumber Makanan yang Berprotein Tinggi

Kehamilan 4 bulan merupakan tahap paling awal untuk membentuk tubuh janin. Sedangkan penyempurnaannya pada bulan ke-5 dan seterusnya. Kombinasikan antara protein hewani dan protein nabati. Biar sel-sel dalam tubuh janin bisa terbelah dengan sempurna. Dengan demikian, maka proses pembentukan bisa berjalan lebih cepat dan teratur.

Mom wajib tahu apa saja makanan yang berprotein tinggi. Untuk kategori protein hewani, bisa ambil contoh susu, ikan, telur, dan daging. Sedangkan untuk protein nabati, pada umumnya terkandung dalam sayuran. Contohnya tempe, tahu, sayuran, bahkan buah-buahan juga. Ini bagus sekali untuk usia kandungan yang memasuki kehamilan 4 bulan.

·       Perkaya dengan Makanan Berkalsium

Secara umum, kalsium itu berfungsi untuk menguatkan struktur tulang pada janin. Peran kalsium juga sangat penting karena janin di usia 4 bulan itu cukup rawan. Jadi nutrisi kalsium akan membentuk pertahanan janin sebelum terbentuk secara sempurna. Contohnya biji-bijian, keju, ikan salmon, almond, dan sebagainya.

Apabila keempat nutrisi tersebut tidak terpenuhi dengan baik, rawan sekali dengan potensi keguguran. Sayang kan, kalau kandungan Mom sampai keguguran, padahal harapan untuk memiliki anak sangat tinggi. Jaga terus selama dalam masa kehamilan 4 bulan. Pada bulan-bulan berikutnya harus lebih hati-hati lagi. Sampai suatu hari nanti lahir.

Leave a Reply