4 Periode Perkembangan Janin di Kehamilan 6 Bulan

 

Saat Mom mengetahui bahwa tengah mengandung, pastinya Mom akan senang sekali, kan? Masa-masa kehamilan itu dilalui dengan penuh suka cita. Nah, saat kehamilan sudah menginjak usia 6 bulan, sebenarnya bagaimana pertumbuhan janinnya? Di kehamilan 6 bulan ini, Mom bisa melihat perkembangan dan petumbuhan janin 6 bulan melalui 4 periode ini!

  1. Hamil 6 Bulan di Minggu ke 25

Minggu ke 25 adalah awal kehamilan 6 bulan yang harus Mom sangat jaga. Pada usia ini, bayi Mom sudah memiliki detak jantung yakni 140 denyutan per menit. Frekuensinya juga lebih tinggi dibanding detak jantung Mom. Di usia ini pula, janin 6 bulan Mom akan tampak lebih gemuk. Ini dikarenakan sudah adanya lemak di bawah kulit janin.

Selain itu, di usia ini kulit janin juga mulai halus dan bila Mom melakukan USG, Mom akan melihat tampilan rambutnya. Di usia ini, janin Mom juga sudah mulai mengalami cegukan sesekali. Bayi dalam kandungan juga akan membuang urine ke kantung ketuban serta mereka juga telah memiliki otak, sistem pencernaan dan jantung meskipun belum sempurna.

  1. Kehamilan 6 Bulan di Minggu ke 26

Periode selanjutnya dari kehamilan di usia ini adalah ada di minggu ke 26. Di minggu ini, berat janin sudah mencapai 760 gram dengan panjang sekitar 36 cm. Mata janin juga telah bisa membuka seutuhnya dan mereka sudah mulai bernapas sedikit demi sedikit untuk persiapan persalinan.

Saat Mom bicara, si bayi sudah dapat mendengar suara tersebut. Di usia ini bayi dalam kandungan ibu hamil 6 bulan juga sudah mampu merespon cahaya. Jadi, bila Mom mendekatkan cahaya senter ke perut, mereka akan berusaha memalingkan wajah. Di usia kandungan ini juga, bayi laki-laki sudah memiliki buah zakar yang mulai turun ke skrotum.

  1. Kehamilan di Minggu ke 27

Memasuki minggu ke 27, saat ini janin 6 bulan Mom sudah semakin berat. Di usia kehamilan 6 bulan ini, bayi sudah memiliki berat 875 gram dan panjang 36 cm. Kelopak matanya sudah dapat membuka dan menutup dan mereka juga sudah tidur secara teratur. Bayi di usia kandungan ini juga akan sering mengalami cegukan.

  1. Kehamilan 6 Bulan Usia 28 Minggu

Nah, periode terakhir adalah usia kehamilan 28 minggu. Di usia ini, bobot bayi sudah kurang lebih 1 kg dengan panjang sekitar 38 cm. Bulu mata mereka sudah tumbuh dan mereka juga sudah dapat mengedipkan mata. Di usia ini, perkembangan jaringan otaknya semakin pesat. Tulang dan lapisan lemaknya pun semakin berkembang.

Nah, sekarang Mom sudah tahu mengenai perkembangan dan pertumbuhan janin di kehamilan 6 bulan, kan? Saat hamil, baiknya Mom selalu menjaga kesehatan kehamilan dan lakukanlah pemeriksaan rutin. Tujuannya tentu saja agar bayi dalam kandungan Mom bisa terus sehat hingga saatnya mereka tiba di dunia.

Leave a Reply