6 Cara atasi Keluhan saat Janin Berada di Usia Kehamilan 3 Bulan

Pada usia kehamilan 3 bulan pertama sampai bulan ke-4, perut Mom akan terasa diremas-remas, mual, dan nyeri. Pokoknya tidak enak sama sekali. Baru terasa nyaman ketika memasuki bulan ke-5. Hari-hari semakin berat kalau dilalui sendirian saja. Untuk itu, coba terapkan beberapa cara untuk mengatasi keluhan Mom saat kandungan berusia 3 bulan ini.

·       Bikin Ruangan dalam Rumah Jadi Segar

Selain nyeri dan mual, gejala Mom yang lagi hamil di bulan ke-3 itu salah satunya timbul rasa pusing. Kepala semakin pusing kalau ruangannya serba pengap atau memiliki bau-bauan yang tidak disukai. Solusinya dengan mengubahnya jadi lebih segar. Misalnya sering-sering buka jendela, pasang kipas angin, atau mungkin dengan memasang aroma buah lemon.

·       Sesuaikan Pakaian dengan Bentuk Ukuran Tubuh

Sebaiknya memang pada usia kehamilan 3 bulan, Mom sesuaikan ukuran tubuh dengan pakaian. Soalnya tubuh secara perlahan-lahan membesar. Mulai dari pinggul, payudara, hingga tubuh secara keseluruhan. Pakaian yang ketat justru bikin kesan tubuh terasa tidak nyaman sama sekali. Kalau tidak mau terlalu melar, rajin-rajin olahraga.

·       Santai Dulu saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Persis dengan yang dialami pada waktu kandungan berusia 2 bulan. Di usia 3 bulan juga mengalami morning sickness. Efek sakitnya akan menjadi-jadi kalau tubuh langsung digunakan untuk beraktivitas. Jadi santailah dulu, walaupun hanya sejenak. Efek morning sickness-nya secara otomatis berkurang.

·       Atasi Mual dan Muntah dengan Air Putih

Benarkah efek mual dan muntah saat kehamilan 3 bulan bisa diatasi dengan air putih? Ya, betul. Sifat air putih itu menyegarkan dan mampu menetralisir segala bentuk tekanan. Mom yang lagi mual dan muntah amat tidak disarankan mengonsumsi minuman terlalu manis. Nanti malah semakin mual rasanya.

·       Daripada Tidak Makan, Kurangi Saja Porsinya

Keluhan seperti mual dan muntah bisa berdampak panjang kalau Mom terlalu memikirkannya. Sampai-sampai keinginan makan jadi hilang. Ah, jangan begitu. Bagaimanapun, janin dalam kandungan tetap butuh nutrisi yang cukup. Solusinya, kurangi saja porsi makannya. Tapi lakukan dengan sering. Hasilnya sama. Tidak bikin mual juga.

·       Olahraga Ringan? Siapa Takut!

Rasa sakit dan nyeri saat kehamilan 3 bulan itu makin terasa ketika pikiran fokus ke situ. Coba Mom lakukan olahraga ringan. Semisal jalan-jalan di pagi hari. Ajak suami atau ibu-ibu yang lagi hamil juga. Kemudian diiringi dengan bincang-bincang sepanjang jalan. Pikiran pun akan beralih fokus pada aktivitas yang baru. Percaya deh, Mom.

Banyak kok sebetulnya cara mengatasi keluhan saat usia kehamilan 3 bulan. Tiada yang lebih tahu diri Mom, selain Mom sendiri. Artikel ini sifatnya untuk memancing saja. Bincang hangat dengan suami tersayang juga cukup ampuh meredakan nyeri di perut. Bisa pula dengan menonton film-film favorit. Pokoknya asalkan bisa mengalihkan perhatian.

Leave a Reply