Anjuran Penting untuk Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

 

Saat usia kandungan menginjak 5 bulan, kondisi kesehatan ibu hamil mulai stabil. Proses adaptasi karena perubahan fisik juga sudah biasa dilakukan. Perkembangan janin usia 5 bulan dalam kandungan ini menjadi masa kehamilan yang umumnya dianggap paling nyaman. Meskipun demikian, inilah 5 anjuran penting yang harus diperhatikan oleh Mom.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kebutuhan cairan tubuh harus dipenuhi demi menjaga kesehatan ibu dan janin. Terpenuhinya cairan tubuh dapat melancarkan metabolisme tubuh ibu dan bayi. Mom harus mengonsumsi air putih secara teratur dan dalam porsi yang cukup.

Kebutuhan mineral juga harus cukup untuk mendukung kelancaran metabolisme tubuh agar perkembangan janin usia 5 bulan dalam kandungan tidak terganggu. Terpenuhinya cairan tubuh dari air putih dan mineral ini juga mencegah dehidrasi dan juga sembelit.

  1. Makan Sesuai Porsi dan Teratur

Ibu hamil harus membiasakan diri untuk makan sesuai porsi secara teratur. Pemenuhan nutrisi dan energi untuk tubuh harus seimbang guna menunjang tumbuh kembang janin 5 bulan hingga tahap persalinan nanti. Ibu hamil harus memilih menu sehat demi terpenuhinya nutrisi. Waktu makan yang tepat dan tiga kali sehari harus dilakukan selama kehamilan.

  1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Bernutrisi

Makanan dan minuman bernutrisi juga harus dikonsumsi selama kehamilan. Perkembangan janin usia 5 bulan semakin membutuhkan makanan dan minuman bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang semakin banyak pula. Kesesuaian nutrisi yang dibutuhkan dengan pemenuhannya akan mengoptimalkan tumbuh kembang janin sesuai usianya.

Mom bisa mengonsumsi menu makanan dan minuman sehat guna mengoptimalkan pemenuhan nutrisi tubuh. Makanan sehat yang cocok adalah mulai dari makanan berkarbohidrat (nasi, bubur, sereal, dll.), sayur, lauk berprotein, buah, dan biskuit sebagai camilan sehat. Minuman sehat yang bisa dikonsumsi adalah susu, yoghurt, dll.

  1. Aktif Bergerak Demi Kesehatan Motorik Janin

Tumbuh kembang janin yang sehat dan kuat menjadi harapan setiap orang tua. Saat usia kandungan sudah berada di trimester kedua, tepatnya sudah 5 bulan, kemampuan motorik janin mulai berkembang pesat. Usia 5 bulan dalam kandungan ini merupakan periode emas untuk meningkatkan kecerdasan motorik janin.

Mom harus mendukung perkembangan janin usia 5 bulan dalam hal motoriknya dengan memperbanyak aktivitas yang positif. Meskipun perut sudah membesar, kegiatan tetap harus dilakukan, asalkan memilih kegiatan yang lebih ringan dengan intensitas sesuai. Pengenalan suara dan musik juga sangat bagus dilakukan agar bayi merasa rileks dan mengenal musik.

  1. Istirahat yang Cukup

Perkembangan janin usia 5 bulan sangatlah pesat dan menjadikan tubuh lebih mudah merasa lelah. Perut yang semakin membesar saat trimester kedua ini juga membatasi ruang gerak ibu hamil. Sebaiknya, Mom menjaga kesehatan tubuh agar imunitas tubuh tetap prima dan stabil dengan beristirahat cukup.

Gejala morning sickness juga sudah berkurang bahkan tidak muncul lagi ketika usia kandungan sudah 5 bulan. Dengan demikian, proses istirahat lebih mudah dilakukan. Mom bisa lebih nyenyak ketika tidur dan bangun di pagi hari dengan kondisi prima.

Berbagai hal tersebut perlu diperhatikan oleh ibu hamil guna menjaga kesehatan janin. Perkembangan janin usia 5 bulan sangat pesat, terutama mulai peka dalam hal suara dan gerak. Alangkah baiknya, Mom mulai mendengarkan suara musik serta mengajaknya berbicara atau bernyanyi. Memperbanyak aktivitas juga bisa menyehatkan kandungan.

Leave a Reply