Asupan Penting untuk Perkembangan Janin Usia 7 Bulan ke Atas

 

Sebelum memasuki bulan terakhir kehamilan, hal yang paling diperhatikan seorang ibu adalah perkembangan janin usia 7 bulan ke atas. Karena, semua organ tubuh janin hampir berkembang sempurna. Perkembangan janin biasanya menyebabkan banyak keluhan untuk Mom. Untuk mengantisipasinya, berikut 4 asupan penting yang harus Mom konsumsi.

  1. Asupan Pertama Perkembangan Janin Usia 7 Bulan ke Atas: Kalori

Asupan penting pertama yang tidak boleh Mom lewatkan adalah kalori. Pada usia kehamilan trimester ke-3, terutama usia 7 bulan, Mom perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Tapi, porsinya tetap harus sesuai dengan kebutuhan.

Makanan yang mengandung banyak kalori ini bisa Mom temukan pada berbagai jenis tumbuhan yang mengandung tepung, seperti padi (nasi), kentang, singkong, ubi jalar, dan sejenisnya. Hitung dengan tepat kalori yang Mom butuhkan agar keluhan seperti kram dan sakit kepala bisa berkurang sekaligus berat badan tetap terkontrol.

  1. Asupan Kedua Perkembangan Janin Usia 7 Bulan ke Atas: Yodium

Mom juga butuh yodium, asupan yang sebagian besar orang ketahui bahwa sumbernya berasal dari garam. Padahal, yodium juga merupakan bahan tambahan untuk garam dan bukan murni berasal dari garamnya sendiri.

Jadi, yodium ini bisa Mom dapatkan di berbagai jenis ikan laut dan garam jadi yang sudah diberi yodium. Asupan ini memang hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, tapi tetap harus menjadi bagian makanan yang Mom konsumsi. Yodium memiliki peranan penting dalam pembentukan sel-sel baru karena tiroksin di dalamnya menurunkan risiko bayi kerdil.

  1. Asupan Ketiga Perkembangan Janin Usia 7 Bulan ke Atas: Vitamin B

Asupan berikutnya adalah berbagai jenis vitamin B yang jumlahnya 8 jenis. Ada B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin).

Semua vitamin B tersebut dibutuhkan Mom, tapi yang paling utama adalah B6 (piridoksin). Karena perannya dalam mendukung proses kimia (metabolisme) dalam tubuh yang didukung oleh enzim. Sumber vitamin ini adalah berbagai jenis daging-dagingan seperti daging ayam, ikan, dan sapi.

  1. Asupan Keempat Perkembangan Janin Usia 7 Bulan ke Atas: Kalsium

Asupan lainnya yang Mom butuhkan adalah kalsium. Meski tulang dan organ tubuh janin hampir berkembang sempurna, kalsium tetap Mom butuhkan. Peran utamanya saat ini adalah menyokong Mom karena trimester 3 membuat tubuh Mom semakin berat.

Perlu tulang yang kuat agar Mom bisa berdiri dan berjalan. Selain itu, janin juga masih terus tumbuh sampai saatnya proses persalinan. Oleh karena itu, penting bagi Mom rutin mengonsumsi susu yang mengandung kalsium dan protein tinggi. Dengan meminum susu, antibodi dalam tubuh Mom juga bisa terbentuk dengan baik.

Selain keempat asupan tersebut, buah-buahan juga mempengaruhi perkembangan janin usia 7 bulan ke atas. Salah satunya adalah pepaya yang membantu mengurangi keluhan panas pada bagian perut (heartburn). Kandungan dalam pepaya membantu mengurangi asam hidrolat lambung peyebab heartburn. Nah, jangan lewatkan semua asupan tersebut ya Mom.

Leave a Reply