Bagaimana Bentuk dan Posisi Janin saat Usia Kehamilan 5 Bulan?

Hai Mom, apakah hari ini terasa luar biasa? Usia kandungan sudah memasuki trimester kedua. Pada usia kehamilan 5 bulan, Mom pasti merasa jadi salah satu wanita yang paling bahagia di dunia. Soalnya sudah bebas dari mual yang tidak menyenangkan selama bulan-bulan sebelumnya. Apakah Mom penasaran bagaimana bentuk dan posisi janin saat ini?

·       Saat Bayi Memasuki 21 Minggu

Pada permulaan bulan ke-5 ini, bobot bayi Mom sudah memberat. Sekitar 340 sampai 360 gram. Lebih berat dari plasenta. Sebetulnya ketika di awal-awal bulan 5 ini, bayi sudah terbentuk. Hanya saja dalam versi mini. Keadaan ini akan terus berkembang hingga bulan-bulan berikutnya dengan bentuk yang sama. Tidak lagi berubah-ubah seperti 4 bulan lalu.

Bagian mata bayi sudah terbentuk secara sempurna. Terdapat pula bulu-bulu halus yang dinamakan lanugo. Bulu ini berperan untuk melindungi suhu bayi. Jadi Mom tidak perlu khawatir soal kesehatan bayi dalam kandungan. Semua sudah dijaga. Mulai usia kehamilan 5 bulan ini, bayi Mom sudah mulai belajar caranya bernapas sampai ketika hari lahir tiba.

·       Saat Bayi Memasuki Usia 22 Minggu

Pertumbuhan terus berlanjut dalam hitungan minggu. Kali ini yang tumbuh itu bagian kuku. Perlahan-lahan, kuku di ujung jari kaki dan jari tangan mulai terbentuk. Cairan ketuban yang menyelimuti bayi juga sudah mulai ditelan. Soalnya bagian pencernaannya sudah mulai bekerja.

·       Saat Bayi Memasuki Usia 23 Minggu

Setelah mata sudah terbentuk dan berfungsi secara sempurna, pada usia 23 minggu, giliran bagian telinga. Bukan hanya bentuk telinganya saja yang sempurna, tapi juga saat ia menangkap suara-suara yang tersampaikan lewat perut Mom. Bahkan ia bisa mendengar detak jantung Mom. Sedangkan suara-suara di luar, baru yang keras saja yang terdengar.

·       Saat Bayi Berusia 24 Minggu

Bulan inilah yang menjadi era terakhir bayi di usia kehamilan 5 bulan. Pada akhir bulan ke-5, otak si bayi sudah berkembang dengan sangat cepat. Proses pembentukan lemak juga terjadi pada usia kandungan ini. Begitu pula paru-parunya yang sudah memiliki cabang-cabang pernapasan. Bobotnya pada akhir bulan ke-5 ini seberat 600 gram.

·       Bagaimana Posisi Bayi di Usia Kehamilan 5 Bulan

Usia 5 bulan kandungan sebetulnya tidak mengubah posisinya. Bayi masih dalam keadaan lemah, walaupun sudah mulai terbentuk secara total. Kelima indera utamanya juga sudah mulai berfungsi dengan baik. Tapi belum bisa dipastikan apakah bayi Mom itu laki-laki atau perempuan.

·       Hal yang Harus Dihindari saat Usia Kehamilan 5 Bulan

Walaupun usia 5 bulan ini merupakan masa-masa paling nyaman, tetap ada saja yang harus dihindari. Mata Mom akan mudah lelah kalau istirahatnya tidak cukup. Hindari stres. Soalnya bayi sudah mampu merespons dengan baik hal-hal yang sampai padanya. Kemudian perbanyak konsumsi air mineral biar tubuh Mom tidak kena dehidrasi.

Usia kehamilan 5 bulan masih jadi masa diamnya sang janin dalam perut Mom. Untuk selanjutnya, yakni di umur 6 bulan, barulah gerakannya lebih aktif. Perut Mom akan membesar seiring dengan aktifnya berbagai indera miliki bayi. Pada waktu-waktu tersebut, Mom tidak boleh diam saja. Harus bergerak aktif agar bayi di perut selalu sehat.

Leave a Reply