Bagaimana Bentuk dan Ukuran Janin saat Kehamilan 2 Bulan?

Setiap keluarga pasti menginginkan janin dalam kandungan sehat-sehat saja. Pasti banyak yang penasaran dengan ukuran janin pada waktu kehamilan 2 bulan. Sampai-sampai sesibuk apa pun disempatkan untuk pergi ke dokter untuk cek kehamilan. Buat Mom yang tidak sempat pergi ke dokter, mungkin karena jauh dan sebagainya, ikuti saja uraian di bawah ini.

·       Anggota Tubuh Janin Mulai Terlihat

Berbeda dengan periode 1 bulan, di usia kehamilan 2 bulan ini banyak proses yang terjadi dalam kandungan Mom. Tanda yang masih terbawa itu morning sickness. Bentuk anggota tubuh janin hanya bisa dilihat dari USG. Tapi sama sekali belum tampak bentuk bayi. Masih berupa gumpalan daging. Itu saja masih agak membaur dengan darah di sekitarnya.

·       Kehamilan pada Usia 8 Minggu

Pada periode awal bulan kedua ini, sedikit dari bagian hidung, wajah, kelopak mata, dan telinga mulai tampak. Tapi tetap belum begitu jelas. Pada embrio kan biasanya terdapat ekor. Nah, di periode ini, ekornya sudah tidak ada, sebab mulai memasuki masa-masa janin. Tulang rawan pada janin juga mulai menguat. Plasenta mulai terpasang di dinding rahim.

·       Usia Kehamilan pada Periode 9 Minggu

Pekan berikutnya di usia kehamilan 2 bulan ini, tubuh janin terus berkembang. Panjang janin yang normal di pekan ke-9 sekitar 2,3 sentimeter. Masih kecil sekali, ya Mom? Bobot juga menyesuaikan. Sendi-sendi semakin terbentuk. Mulai dari sendi lutut, siku, pergelangan tangan, maupun pergelangan kaki. Tapi belum bergerak sama sekali.

Pekan ke-9 ini juga menjadi anugerah untuk sang janin. Soalnya plasenta yang terpasang di dinding rahim mulai berkembang. Suplai yang diterima seperti hormon dan nutrisi unggulan akan dikonsumsi olehnya. Kemudian organ vital, seperti jantung, otak, paru-paru, serta ginjal mulai menampakkan perubahan bentuk dan ukurannya.

·       Usia Kehamilan pada Waktu 10 Minggu

Ukuran janin pada pertengahan kehamilan 2 bulan ini bertambah jadi 3,1 sentimeter. Sedangkan beratnya 4 gram. Bentuk telinganya tidak samar-samar lagi, Mom. Masing-masing telinganya bahkan sudah terbentuk saluran tertentu. Dengan konsumsi nutrisi berupa kalsium yang cukup, rahang dan calon gigi pun mulai terbentuk.

Ritme pada jantungnya mulai berdetak teratur, walaupun kita menyebutnya masih “belum bernyawa”. Soalnya belum ada pergerakan yang signifikan secara total. Ukuran kepalanya pada pekan ke-10 ini sudah separuh dari keseluruhan tubuh janin. Dengan kata lain, sejak awal otak manusia memang tumbuh cukup awal daripada yang lainnya.

·       Usia Kehamilan 2 Bulan di Pekan ke-11 dan ke-12

Periode terakhir di bulan ke-2 ini organ seksualnya mulai terbentuk. Kalau di-USG belum jelas betul apakah laki-laki atau perempuan. Ukuran tubuh janin sudah bertambah sekitar 5,4 sentimeter dengan bobot 14 gram. Sistem saraf pada otak semakin matang. Ini kabar bagus buat Mom.

Momen perubahan tubuh Mom juga mulai terbentuk pada usia kehamilan 2 bulan ini. Bentuk payudara mulai membesar. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan volume darah sebesar 40% sampai 50%. Diiringi dengan pembesaran di bagian tubuh tertentu. Untuk menjaga berat bedan Mom, rutinlah olahraga. Misalnya dengan senam Kegel.

Leave a Reply