Cara Interaksi yang Meningkatkan Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

 

Perkembangan janin dari masa ke masa harus diperhatikan agar tercapai tumbuh kembang yang optimal. Perkembangan janin usia 6 bulan ke atas sangat berharga dan merupakan periode emas untuk mengoptimalkan kecerdasan intelektual dan motoriknya. Saat usia janin menginjak 6 bulan ke atas, 5 cara berinteraksi ini sangatlah berharga.

  1. Mengajaknya Berbicara

Berbicara merupakan cara komunikasi yang sangat baik untuk dilakukan. Meskipun Mom dan bayi belum bertemu secara langsung, namun kedekatan secara emosional bisa dilakukan dengan komunikasi intensif. Bahkan, bayi 6 bulan di dalam kandungan bisa mengenali suara ibu dan ayahnya. Kemungkinan mengenal orang-orang terdekat lainnya juga ada.

  1. Membacakan Cerita

Perkembangan janin usia 6 bulan ke atas sudah mampu merespon suara yang didengarnya. Mom bisa menghiburnya dengan membacakan cerita yang seru. Mengajaknya menonton film juga bisa menjadi bentuk lain dari pembacaan cerita. Akan tetapi, ingatlah bahwa harus memilih dan memilah jenis cerita. Pilihlah cerita fabel, cerita anak, dan sebagainya yang pas.

  1. Mendengarkan Musik

Musik merupakan salah satu bentuk suara yang indah dan bisa diputar agar bayi dalam kandungan bisa terhibur karena rileks mendengar suara indah. Putarlah musik lembut dan jangan musik rock atau metal, karena tentu saja bisa merusak emosional bayi dan membahayakan psikologisnya.

Instrumen atau lagu dengan musik lembut bisa diputar secara rutin demi mendukung perkembangan janin usia 6 bulan ke atas dalam hal kecerdasan mororiknya. Mom dapat mengumpulkan musik-musik yang rileks sambil bersantai. Cara ini akan memancing respon bayi saat mendengarkan musik tersebut.

  1. Mengajaknya Bernyanyi

Musik memang baik dalam membantu bayi mengenali nada indah sekaligus menciptakan bakat agar bayi terbiasa dengan dunia musik sejak dalam kandungan. Peluang tersebut bisa menjadi cara efektif untuk membentuk buah hati yang berbakat. Selain musik, mengajaknya bernyanyi juga sangat efektif mendukung perkembangan janin usia 6 bulan ke atas.

Bayi di dalam kandungan akan lebih nyaman ketika mendengar suara ibunya bernyanyi merdu untuknya. Keadaan psikologisnya akan sangat baik karena ibunya sendiri yang bernyanyi. Hal ini sangat baik untuk menunjang respon bayi agar peka terhadap lingkungan luar.

  1. Mengelus Perut

Mengelus perut memang suatu hal yang sering dan wajar dilakukan oleh ibu hamil sebagai tanda cinta kepada buah hatinya yang sudah dinanti-nanti. Perkembangan janin usia 6 bulan ke atas dapat dioptimalkan dengan cara interaksi yang efektif ini.

Rasa sayang yang diwujudkan dengan mengelus perut ini mampu menenangkan bayi dalam kandungan agar lebih rileks. Janin akan merasa diperhatikan dan mampu merasakan kasih sayang dari ibu dan orang-orang terdekatnya. Cara ini akan melatih janin untuk merespon dan membentuknya menjadi buah hati yang penuh kasih.

Berbagai bentuk interaksi antara Mom dan janin sangat efektif menciptakan kedekatan emosional dan mencerdaskan si kecil. Interaksi antara orang terdekat lainnya, seperti ayah, kakak, dan kakek nenek bisa diupayakan. Perkembangan janin usia 6 bulan ke atas sudah dapat dirasakan dengan kemampuan merespon dalam bentuk gerakan atau tendangan kecil.

Leave a Reply