Ciri-Ciri Perut Hamil pada Usia Kehamilan 1 Bulan

Momen saat kehamilan 1 bulan pasti selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh ibu selama ini. Sebuah keluarga kurang lengkap tanpa hadirnya bayi mungil yang akan mengisi rumah. Selain terlambat datang bulan, sebetulnya banyak tanda lainnya. Kalau terfokus saja pada telat datang bulan, nanti Mom terkecoh. Ada baiknya ketahui ciri-ciri lainnya sebagai berikut.

·       Suhu Badan akan Meningkat

Periode kehamilan 1 bulan itu merupakan masa-masa ovulasi. Peningkatan suhu badan bukan karena banyak energi dipakai untuk proses tersebut. Tapi karena tubuh sedang membentuk energi demi pembentukan janin nantinya. Proses tersebut akan membuat produksi darah akan meningkat jumlahnya sampai 50%.

·       Kepala Terasa Pusing

Wajar saja kalau Mom merasa pusing saat hamil di bulan pertama. Apabila memiliki tekanan darah tinggi, lebih baik hati-hati dan jaga diri. Soalnya dari pengalaman yang sudah-sudah, mereka bakal pingsan karena tidak mampu bertahan saat terjadi proses penggumpalan daging di perut.

·       Mulai Mengidam Makanan

Mungkin Mom sering berpikir, kenapa saat kehamilan 1 bulan kalau ingin sesuatu seakan harus dituruti? Hal ini rupanya disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh. Bukan semata keinginan sendiri, tapi lebih karena desakan kebutuhan untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Makanya sering aneh kalau ada yang ngidam yang bukan makanan. Itu sih bukan karena kebutuhan.

·       Tubuh Mudah Lelah

Proses pengumpulan energi rupanya juga bikin tubuh gampang lelah. Bawaannya mau rebahan terus. Oleh karena itu, di masa-masa seperti ini, ketika beban kerja semakin berat, potensi stres juga tinggi. Apabila Mom mendapati tanda ini, konsultasikan pada suami. Biar beban kerja bisa lebih ringan. Tapi kalau Mom mau bekerja lebih, itu tidak mengapa.

·       Terjadinya Implantasi Embrio

Sudah tahu belum, apa itu implantasi embrio? Proses pada waktu kehamilan 1 bulan ini mengindikasikan embrio tengah melekat pada rahim. Dia sudah langsung menyerap nutrisi dan oksigen dalam tubuh. Durasi masa implantasi embrio tidak terlalu lama kok. Sekitar 1 sampai 2 hari saja. Bercaknya sedikit yang keluar.

·       Kena Morning Sickness

Tanda ini muncul dalam bentuk yang beragam. Umumnya, ibu hamil yang memasuki usia kehamilan 1 bulan akan merasa mual dan muntah-muntah. Kejadiannya saat pagi ataupun malam. Bawaannya mau ke kamar mandi terus. Durasi morning sickness sekitar 3 bulan pertama saja. Setelah itu, secara perlahan akan terhenti karena proses adaptasi sudah usai.

·       Punggung Terasa Nyeri

Nyerinya punggung tidak seberat waktu kandungan mendekati lahir kok. Tanda ini sangat mudah dikenali saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi kalau sehari-harinya Mom jarang sekali nyeri punggung. Kan jadi kelihatan. Tapi tanda ini sama sekali tidak mengganggu aktivitas. Faktor penyebabnya karena rahim mulai diisi oleh embrio.

Usia kehamilan 1 bulan rupanya tidak banyak yang memedulikannya. Mayoritas baru periksa ke dokter setelah kandungan mencapai usia 2-3 bulan. Wajar saja sih. Tanda yang muncul memang tidak terlalu kelihatan. Apalagi ketika melihat bagian perut yang masih kempis itu. Setidaknya, dengan adanya tanda tersebut, Mom jadi bisa berharap lebih.

Leave a Reply