Ciri Perkembangan Bayi 6 Bulan 2 Minggu yang Normal

 

Pertumbuhan dan perkembangan bayi 6 bulan lewat 2 minggu jauh lebih meningkat dari usia 5 bulan. Bayi laki-laki umumnya lebih berat dan lebih panjang, tapi rata-rata bobotnya 6-10 kg dan panjangnya 60-70 cm. Jika bobot dan panjang tersebut merupakan pertumbuhan yang normal, maka beda lagi dengan perkembangannya. Mom bisa lihat dari cici-ciri berikut.

  1. Bisa Merangkak dan Berdiri dengan Penopang

Ciri pertama yang bisa Mom lihat pada perkembangan bayi 6 bulan 2 minggu yang normal adalah dari keinginannya untuk mencoba merangkak. Kedua kakinya memang sudah mampu menopang sebagian besar beban tubuhnya dan lancar saat digunakan untuk merangkak.

Tapi untuk keseimbangan saat berdiri, dia masih perlu penopang. Oleh karena itu, Mom perlu terus mendampinginya saat dia terus mencoba untuk berdiri. Mom bisa memberikan kedua jari telunjuk untuk digenggam oleh kedua telapak tangannya.

Jika keseimbangannya masih kurang baik, sebaiknya pegang di bagian bawah ketiaknya. Pada usia ini, karena otot tangan dan kakinya sudah cukup kuat. Dia juga senang melempar benda atau mainan sekadar untuk mendengar bunyi yang ditimbulkannya.

  1. Mampu Melakukan Komunikasi Verbal

Perkembangan bayi 6 bulan 2 minggu yang normal juga bisa dilihat dari kemampuannya dalam berkomunikai verbal. Kombinasi huruf vocal dan konsonan yang kerap kelua dari muluhnya adalah ba’, ‘pa’, ‘ma’, ‘ah’, ‘na’, dan semacamnya.

Jadi, sangat mudah untuk mengajarinya memanggil Mom dengan ‘mama’ atau ayahnya dengan panggilan ‘papa’. Komunikasi verbal ini perkembangannya memang tidak secepat kemampuan motoriknya yang berperan memahami bahasa. Intinya, bayi mudah memahami perkataan Mom, tapi masih kesulitand alam memberikan respon dalam bentuk verbal.

Oleh karena itu, selain menggunakan kata-kata abstrak di atas, bayi juga suka mengangguk, mengggeleng, menunjuk, melambai, dan tertawa untuk mempertegas responnya terhadap stimulus yang Mom berikan padanya. Optimalkan kemampuan berbicaranya dengan sering mengajak bicara, membacakan buku cerita atau dongeng bergambar.

 

Lebih Terbuka dalam Berinteraksi

Bayi usia 6 bulan lebih 2 minggu juga mengalami perkembangan positif yang signifikan dalam hal interaksi sosial. Mom bisa mengamati perkembangan bayi 6 bulan 2 minggu ini melalui responnya saat bertemu dengan orang-orang baru. Jika bulan-bulan sebelumnya bayi lebih cepat ketakutan dan menangis, kini dia lebih mudah diajak bercanda dan tertawa.

Bahkan, pada perkembangan bayi 6 bulan yang normal, dia bisa lebih dulu mengajak Mom atau orang sekitar untuk bermain bersamanya. Jika sudah seperti ini, sebaiknya Mom jauhkan sementara gawai dan hal lainnya, lalu fokus untuk mengikuti ajakannya untuk bermain. Keinginannya untuk menarik perhatian Mom juga bisa membuat Mom lebih rileks.

Ketiga ciri itulah yang paling mudah dilihat jika ingin memastikan normal tidaknya perkembangan bayi 6 bulan 2 minggu. Tapi, perlu Mom ketahui juga bahwa setiap bayi memiliki kecepatan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Jadi, tidak semua bayi mampu mencoba untuk berdiri, berbicara, dan berinteraksi pada usia 6 bulan 2 minggu.

 

 

 

Leave a Reply