Cups Bayi dr. Brown’s, Solusi Moms Agar Buah Hati Say Good Bye dengan Dot Kesayangan

Cups bayi adalah salah satu benda yang bisa moms gunakan untuk melatih bayi minum secara mandiri. Beberapa moms sengaja memberikan dot untuk mempermudah si kecil minum ASI atau susu formula. Sayangnya, beberapa bayi terkadang tak mau pisah dengan dotnya padahal ia sudah mulai menjalani MPASI. Pada saat MPASi, bayi memang dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan makan dan minum, tak hanya dengan cara menghisap saja. Menurut penelitian, menggunakan dot yang dalam jangka waktu yang panjang juga dapat membuat bayi menjadi terlambat bicara. Makanya, demi melatih kemandirian bayi, tak ada salahnya moms memperkenalkan pada cangkir bayi.

Jenis Cups Bayi

  1. Sippy Cup

Sippy cup adalah salah satu jenis cangkir bayi yang sering dipilih moms untuk melatih bayi untuk minum secara mandiri. Jika tadinya moms masih mengandalkan minuman bayi pada dot, saat moms langsung melatih si kecil menggunakan gelas, rasanya bayi akan sedikit susah. Makanya, sippy cup ini sengaja hadir sebagai solusi untuk moms yang ingin mengajarkan si kecil minum dengan gelas. Sippy cup ini bentuknya seperti cangkir. Hanya saja cangkir tersebut memiliki tutup yang bentuknya seperti corong. Corong corongnya pun memiliki lubang kecil sehingga air bisa keluar dengan mudah. Sippy cup juga memiliki gagang yang memudahkan bayi untuk memegangnya. Jadi, benar benar cangkir yang pas untuk belajar minum bayi.

  1. Straw Cup

Saat bayi sudah jago menggunakan sippy cups, moms bisa mulai mengajarkannya minum dengan menggunakan straw cups. Jika pada saat menggunakan sippy cup, bayi hanya perlu kemampuan menghisap. Saat bayi beralih pada straw cup, kemampuan menghisap saja tak lagi cukup. Bayi harus belajar menyedot dan juga menelan supaya cairan bisa masuk pada tubuhnya. Straw cup ini biasanya akan diberikan pada saat bayi berumur 9 bulan sampai 15 bulan. Bentuk straw cup adalah cangkir yang ada pegangannya. Hanya saja cangkir tersebut sudah memiliki sedotan yang bisa bergerak sesuai dengan posisi bayi. Jadi, bemar benar mengajarkan pengalaman minum untuk si kecil.

Ciri Cangkir Bayi yang Aman

  1. Terbuat dari Bahan yang Aman untuk Bayi

Moms, ketika moms memilihkan botol minum bayi atau cups bayi, hal yang pertama kali harus moms pastikan adalah melihat bahan produknya. Produk botol atau cangkir  yang aman untuk bayi dibuat dari bahan polypropylane. Produk dengan bahan tersebut akan aman walau terkena air hangat atau air dingin. Moms juga harus memastikan bahwa produk bayi tersebut juga bebas dari bahan kimia atau memiliki label BPA Free. Jika moms sudah mendapatkannya, moms tak akan khawatir si kecil terpapar oleh bahan kimia saat minum menggunakan botol atau cangkir meski moms menggunakan produk tersebut setiap hari.

  1. Terbuat dari Silicone dan Ada Proof Valve

Saat moms ingin bayi bisa minum mandiri, moms menjatuhkan pilihan pada training cups. Tetapi pastikan bahwa training cups tersebut bagian atasnya terbuat dari bahan silicone. Selain aman digunakan untuk bayi. Tekstur silicone yang lembut akan membuat bayi lebih nyaman ketika menggunakannya untuk menghisap atau pun menyedot. Biasanya silicone akan menempel pada tutup botol atau tutup cangkir. Selain itu, moms juga wajib memilih penutup yang anti tumpah. Penutup tersebut biasa didesain dengan proof valve. Ketika bayi menghisap atau menyedot, barulah cairan akan keluar cangkir atau botol.

  1. Desain Modern dan Sesuai dengan Kebutuhan Bayi

Meski hanya cangkir atau botol, produk untuk bayi zaman sekarang didesain dengan apik sesuai dengan kenyamanan dan keamanan bayi. Bayi tidak akan tersedak karena produk botol maupun cangkir didesain anti tumpah. Cairan tidak akan keluar apabila bayi tidak menghisap atau menyedotnya. Penggunaan cangkir pun akan sangat membuat nyaman bayi. Dengan berbagai posisi, bayi bisa minum tanpa khawatir tersedak atau tumpah. Cangkir juga dilengkapi dengan gagang. Adanya gagang membuat bayi lebih mudah memegang cangkir.

Moms membeli cangkir bayi zaman sekarang juga harus cangkir yang anti jamur. Biasanya jamur akan bersarang pada bagian atas tutupnya. Pilihlah produk yang mudah dibersihkan sehingga jamur tidak bersarang. Cangkir atau botol zaman sekarang juga memiliki tutup yang kuat. Tutup yang tak mudah copot membuat cairan di dalam tidak mudah tersentuh bakteri. Moms pun pastinya juga akan lebih rajin membersihkan cangkir atau botol karena setiap bagian dari produk begitu mudah untuk dibersihkan.

Melatih Bayi Menggunakan Cangkir

Hal pertama yang moms lakukan ketika ingin mengenalkan anak pada cups bayi adalah memilih cangkir yang didesain untuk pemula. Atau, istilah kerennya adalah training cups. Selanjutnya, jika moms sudah menentukannya, moms bisa mengajari si kecil cara menggunakannya. Mulai dari cara memegang cangkir sampai dengan cara meminumnya. Kemudian, moms perlu melatihnya berulang kali, jangan sampai bosan. Misalkan, saat bayi menolak menggunakan sippy cups pada usia 6 bulanan. Moms tak perlu memaksakannya. Moms bisa mencobakannya di lain hari atau pada usia yang lebih besar. Dengan begitu, si kecil pastilah akan suka dengan cangkirnya dan mulai meninggalkan dot kesayangannya.

Jika moms membutuhkan cups bayi yang sudah didesain dengan teknologi terkini, mulai dari anti tumpah, easy using, bebas dari bahan kimia, anti jamur dan easy cleaning, moms bisa menjatuhkan pilihan pada produk cups dari dr. Brown’s.

Dr. Browns menyediakan berbagai cangkir mulai dari training cup, sippy cups dan straw cups. Saat moms menjadikannya sebagai produk perawatan untuk bayi, pastinya bayi akan lebih bersemangat dalam belajar minum sehingga si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang mandiri.