Kemampuan yang Mengiringi Perkembangan Bayi 7 Bulan ke Atas

 

Kemampuan paling menonjol yang mengiringi perkembangan bayi 7 bulan ke atas adalah merangkak. Karena pada usia ini, bayi memang sedang aktif-aktifnya bergerak dan berpindah tempat dengan cara mengeksplor lingkungan sekitarnya. Selain itu, ada beberapa kemampuan yang mengiringi perkembangannya di usia ini, di antaranya sebagai berikut.

  1. Kemampuan Verbal

Kemampuan pertama yang bisa Mom lihat dalam mengiringi perkembangan bayi 7 bulan ke atas adalah verbal atau berbicara. Daya fokus bayi sebenarnya sudah mulai terbentuk karena dia akan memperhatikan suara-suara di sekelilingnya. Kemudian, dia berusaha untuk menirunya. Kosakata sederhana yang ke luar dari mulutnya merupakan bentuk peniruan.

Suara yang Mom dengar dari mulutnya mungkin hanya ‘ma’, ‘pa’, ‘da’, ‘na’, atau kosakata lainnya yang dianggap mirip dengan suara yang didengarnya. Masing-masing kosakata tersebut biasanya diucap secara berulang. Selain meniru, bayi usia ini juga sudah pandai merespon perkataan orang di sekitarnya.

Kemampuan verbal yang mengiringi perkembangan bayi 7 bulan ini bukan hanya gerak mulut bicara, melainkan berkomunikasi dan mengekspresikan kondisi emosionalnya. Dia sudah bisa menggapai-gapai benda yang diinginkan, mengekpresikan kebahagiaan dengan tawa, dan semacamnya. Bahkan, kalimat larangan yang Mom ucapkan pun bisa dipahaminya.

  1. Kemampuan Sosial

Perkembangan bayi 7 bulan juga diiringi dengan kemampuan sosial. Berkaitan dengan kemampuan sebelumnya, meski sudah memahami kalimat larangan, bayi masih belum bisa berpikir dengan baik. Hal utama yang dipikirkannya adalah tetap ingin melakukan banyak kegiatan yang disukainya.

Jadi, jika Mom mengucapkan beberapa kalimat larangan, misalnya jangan merobek buku atau memasukkan mainan ke dalam mulut, buah hati Mom mungkin masih terus melakukannya. Oleh karena itu, sebuah langkah bijak jika Mom selalu mengawasi kegiatanya saat terjaga. Mom juga bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya melakukan aktivitas lain.

 

  1. Kemampuan Motorik

Kemampuan berikutnya yang mengiringi perkembangan bayi 7 bulan ke atas adalah motorik. Contoh spesifik yang bisa Mom amati dari kemampuan motorik ini adalah merangkak. Mom mungkin akan menemukan keunikan dalam hal mekanisme merangkaknya, karena ada yang merangkak maju dan ada yang merangkak mundur.

Beberapa bayi bahkan ada yang melewati proses ini dan bisa langsung berjalan atau berdiri. Pada usia ini, kemampuan motorik lainnya yang terlihat adalah menyusun dan mengelompokkan mainan serta memosisikan diri untuk duduk nyaman. Karena, dia juga bisa memutar kepala, tubuh, dan punggungnya untuk duduk tegak.

Kemampuan yang mengiringi perkembangan bayi 7 bulan ke atas ini bisa berjalan optimal jika Mom memberikan keleluasaan sekaligus perhatian. Biarkan sejenak ruang bermainnya berantakan saat ia gunakan untuk bermain, tapi jangan lepas pengawasan Mom padanya. Latih juga ia untum minum di sippy cup atau teether (mainan yang aman digigit olehnya).

Leave a Reply