Larangan Saat Hamil Muda yang Harus Dihindari

Selama kehamilan, ibu disarankan untuk belajar mengenai banyak hal tentang kehamilan karena sangat penting untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat. Namun, ada beberapa kesalahan yang bisa Anda lakukan selama kehamilan. Penting untuk mengetahui larangan saat hamil muda. Hal ini penting agar tidak membahayakan janin karena banyak ibu hamil yang tanpa sadar melakukan hal yang sebenarnya dilarang.

 

Larangan Untuk Ibu Hamil Muda

Kehamilan tentunya akan mengubah hidup dan juga kondisi tubuh ibu. Jadi ketika Anda mengetahui bahwa Anda hamil, Anda perlu mempersiapkan tubuh Anda untuk menjaganya tetap sehat serta membuat kondisi tubuh juga lebih cocok untuk janin Anda.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan larangan untuk para ibu hamil terutama yang masih hamil muda. Larangan ini bersifat dalam berbagai aspek seperti perubahan gaya hidup, produk, dan bahan tertentu yang harus dihindari atau diganti untuk meningkatkan perlindungan ibu dan janin dalam kandungan.

Aktivitas yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

  • Merokok

Mereka yang merokok meskipun sedang tidak hamil saja sudah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika dilakukan oleh ibu hamil, di mana hal ini dapat meningkatkan resiko bayi yang lahir prematur, cacat bawaan lahir, berat badan rendah, atau bibir sumbing. Maka dari itu hindari merokok baik itu menjadi perokok aktif maupun perokok pasif.

  • Mandi air panas

Mandi air panas memang bisa menenangkan tubuh sehingga tubuh lebih rileks. Namun, ibu hamil tidak disarankan melakukan hal ini sebelum melahirkan sampai selesai melahirkan. Berendam dalam air panas dalam waktu lama atau berlebihan dapat menyebabkan pusing dan lemas pada ibu hamil. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko bayi Anda mengalami keguguran dan cacat lahir.

  • Membersihkan kandang hewan peliharaan

Jika ibu hamil memelihara hewan peliharaan di rumah, sebaiknya jangan bersihkan kandang hewan peliharaan selama hamil dan minta tolong orang lain untuk membersihkannya. Ini karena membersihkan kandang hewan peliharaan membuat ibu hamil bisa terkena kuman dan bakteri yang menempel pada kandang hewan peliharaan sehingga beresiko mengalami cacat lahir apabila terlalu sering terpapar.

  • Menghias kuku

Apakah ibu hamil suka melakukan perawatan kuku di salon kecantikan? Ibu hamil sebaiknya menghindari aktivitas ini selama kehamilan terutama penggunaan kuku palsu atau menggunakan kutek. Bau berbagai produk perawatan kuku tidak baik untuk ibu hamil dan janin sehingga menjadi larangan saat hamil muda.

  • Menjalani aktivitas fisik yang terlalu berat

Ibu hamil memang disarankan untu rutin berolahraga. Namun perlu diingat bahwa aktivitas yang boleh dilakukan untuk ibu hamil haruslah aktivitas yang ringan dan tidak terlalu sulit dan tidak membosankan. Sangat tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang berat seperti maraton, tenis, angkat besi, dll yang membutuhkan tenaga dan pergerakan yang luas. Cukup lakukan aktivitas ringan dan rutin setiap hari agar tubuh tidak mudah lelah dan justru akan lebih berdampak positif bagi ibu dan janin.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Bukan hanya aktivitas, beberapa makanan atau minuman juga harus dihindari oleh ibu hamil. Penting untuk menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang tepat untuk ibu hamil namun disarankan untuk menghindari beberapa daftar makanan ini:

  • Alkohol

Konsumsi alkohol selama masa kehamilan dapat berdampak negatif pada perkembangan janin. Hal ini karena kandungan alkohol bisa masuk ke aliran darah bayi dari ibu dan merusak sumsum tulang belakang dan sel-sel otak.

Masalah yang dapat disebabkan oleh minum alkohol selama masa kehamilan dapat berkisar dari resiko ringan hingga berat. Alkohol sendiri dapat mempengaruhi fitur wajah dan perkembangan vertikal pada bayi. Oleh karena itu, dosis tinggi dapat menyebabkan keguguran, lahir mati dan kelahiran prematur.

  • Beberapa spesies makanan laut

Ikan dianggap sebagai sumber protein yang sangat baik dan mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan nutrisi penting bagi wanita hamil. Namun, beberapa spesies ikan, seperti hiu, mackerel, swordfish dan tilefish mengandung sejumlah besar merkuri. Overdosis merkuri selama kehamilan dapat menghambat pertumbuhan bayi dan menyebabkan kerusakan otak.

Beberapa makanan laut juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang sehingga tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan lauk. Reaksi ini dapat menyebabkan pembengkakan  ruam, muntah, atau diare. Konsumsi makanan laut yang aman untuk ibu hamil dan pastikan memasaknya hingga benar-benar matang.

  • Daging mentah

Daging mentah wajib untuk dihindari selama masa kehamilan karena dapat mengandung mikroorganisme yang masih hidup menyebabkan keracunan makanan yang serius, seperti bakteri E. coli dan salmonella. Jika ibu hamil ingin mengonsumsi daging, pastikan memasaknya sampai benar-benar matang tanpa ada sisa-sisa warna merah maupun darah. Juga, pastikan untuk mencuci tangan Anda secara menyeluruh setelah mencuci daging mentah.

  • Telur mentah

Anda diwajibkan untuk menghindari konsumsi telur mentah atau jenis makanan apapun yang memiliki telur mentah selama masa kehamilan. Sama halnya seperti makanan laut, telur mentah dapat mengandung mikroba yang berbahaya bagi ibu dan meningkatkan risiko timbulnya berbagai masalah kesehatan bagi bayi, meskipun ibu hamil mungkin tidak menyadarinya, kondisi bisa memburuk nantinya.

  • Susu tidak dipasteurisasi

Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun ada larangan saat hamil muda dalam mengkonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi karena mengandung banyak bakteri yang dapat berbahaya bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, selalu pilih dan konsumsi susu pasteurisasi atau susu yang telah matang dengan direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

  • Pepaya mentah

Pepaya mentah mengandung papain dan pepsin yang dapat mempengaruhi perkembangan ibu hamil dan janin sehingga harus dihindari selama kehamilan. Pepaya juga dapat menyebabkan atau merangsang kontraksi rahim, yang dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur atau kelahiran dini

  • Biji adas, fenugreek dan wijen

Makan dalam jumlah sedang tidak menjadi masalah, tetapi ketiga jenis biji ini sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan kontraksi rahim yang dapat menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran.

  • MSG

MSG merupakan zat aditif yang umum digunakan untuk memperkaya cita rasa makanan sehingga lebih lezat. Beberapa lembaga penelitian makanan telah menunjukkan bahwa MSG aman dikonsumsi. Namun, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala, mual, mati rasa, berkeringat, dan otot kaku.

Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari MSG jika gejala tersebut sudah sering terjadi sebelum kehamilan. Asupan MSG yang berlebihan dapat menyebabkan retensi cairan dan mengganggu plasenta yang mengalirkan sumber makanan bayi Anda.

Untuk informasi mengenai larangan saat hamil muda yang lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi web dr brown dan cek produknya yang aman dan berkualitas seperti botol susu, pompa ASI, perlengkapan cuci, dental, dll.