Nutrisi Sehat untuk Perkembangan Janin Usia 2 Bulan Setengah

 

Buah hati yang sehat dan kuat tentu menjadi idaman setiap orang tua. Sebelum itu, proses kehamilan harus dilalui dengan penuh perhatian. Perkembangan janin usia 2 bulan setengah sangat penting sebagai titik awal perkembangan selanjutnya. Saat mengandung, sangat dianjurkan memenuhi nutrisi sehat ini guna mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

  1. Asam Folat

Tahukah Mom, bahwa asam folat sangat penting bagi janin? Terpenuhinya asam folat mampu mencegah bayi lahir cacat. Pertumbuhan dan perkembangan janin usia 2 bulan lebih harus dioptimalkan dengan mengonsumsi makanan mengandung asam folat. Mom dapat mengonsumsi sayuran hijau, alpukat, jeruk, dan hati sapi.

Beberapa makanan sehat tersebut mampu memenuhi kebutuhan asam folat untuk kesehatan janin, terutama saat berada di periode awal kehamilan. Selain mencegah bayi lahir cacat, asam folat yang terpenuhi akan melancarkan sistem syaraf pusat dan peredaran darah janin.

  1. Karbohidrat

Perkembangan janin usia 2 bulan lebih ini harus didukung dengan nutrisi sehat. proses perkembangan janin yang sangat pesat pada periode awal ini sangat membutuhkan karbohidrat. Energi ibu hamil harus terpenuhi untuk mendukung sistem imun agar terhindar dari kelelahan dan juga penyakit.

Mom harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sesuai porsi, meski pada periode awal ini masih rawan mengalami morning sickness. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan berkabohidrat saat hangat, misalnya bubur, bubur kacang hijau, dan sebagainya. Biskuit gandum, roti tawar, dan sereal, juga bisa dikonsumsi oleh Mom.

  1. Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu komponen penting yang harus terpenuhi. Perkembangan janin usia 2 bulan setengah harus dioptimalkan dengan nutrisi zat besi untuk memenuhi kebutuhan serat. Zat besi ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sayuran hijau, daging merah, hati, jeruk, pepaya, dan sebagainya.

  1. Zat Seng

Perkembangan janin saat menginjak usia 2 bulan harus didukung dengan zat seng sebagai salah satu nutrisi sehatnya. Zat seng mampu membantu produksi materi generatik saat terjadi pembuahan. Makanan sehat yang mengandung zat seng adalah kacang-kacangan, telur, daging, serta biji-bijian.

  1. Vitamin A, B, D, dan E

Pemenuhan nutrisi sehat berupa vitamin A, B, D, dan E, mampu mendukung perkembangan janin usia 2 bulan setengah hingga tahap selanjutnya. Vitamin A ini baik untuk penglihatan, vitamin B mampu memperlancar kekuatan tubuh, vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta vitamin E baik untuk metabolisme tubuh.

Beragam jenis vitamin tersebut dapat dipenuhi melalui sayuran dan buah. Vitamin A ada dalam sayuran dan wortel, vitamin B bisa ditemukan dalam beras dan makanan berkarbohidrat, vitamin C dari buah-buahan aneka warna, dan vitamin E bisa diperoleh dari kacang-kacangan, buah, dan lainnya. Karenanya, sajian makanannya bisa beraneka warna.

  1. Vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan tubuh untuk mendukung proses metabolisme dan mendukung proses pembentukan jaringan tubuh janin. Kandungan vitamin C yang terpenuhi juga meminimalisir risiko preeklampsia. Jeruk, kiwi, stroberi, melon, brokoli, sangat baik untuk ibu hamil.

Beragam nutrisi tersebut sangat penting untuk menunjang perkembangan janin usia 2 bulan setengah agar tetap sehat dan tumbuh optimal. Mengingat pentingnya berbagai nutrisi tersebut, Mom harus memenuhinya demi kesehatan janin dalam kandungan. Konsumsilah makanan sehat secara teratur sesuai porsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehat tersebut.

Leave a Reply