Periode Perkembangan Janin Usia 1 Bulan dalam kandungan

 

Di kehamilan 1 bulan, Mom mungkin belum menyadari sebenarnya kalau sedang hamil. Itu dikarenakan tanda-tanda kehamilan dan perkembangan janin usia 1 bulan belum terlalu terlihat. Namun, meski belum tahu bukan berarti Mom tidak peduli dengan perkembangannya, ya! Selalu penuhi kebutuhannya. Inilah perkembangan janin di usia ini!

  1. Perkembangan Janin Usia 1 Minggu

Usia satu minggu adalah usia awal dari janin. Pada usia ini, sebenarnya pembuahan baru saja terjadi. Di saat ini, pembuahan sel telur oleh sperma sedang terjadi. Di saat ini juga, terjadi proses pertukaran kromosom dari sel sperma ke sel telur yang mengandung sifat bawaan yang disebut juga dengan gen bagi janin.

Di usia kandungan satu minggu ini pula, kadar hormon estrogen dan progesteron terus meningkat sehingga terjadi perubahan-perubahan dalam struktur dan metabolisme Mom. Pada usia ini jugalah terjadi pergerakan sel telur yang telah dibuahi menuju rahim untuk menempel di dinding rahim yang merupakan awal dari perkembangan janin usia 1 bulan.

  1. Perkembangan Janin Usia 2 Minggu

Di usia ini, sel telur yang telah dibuahi atau disebut juga dengan blastosis telah menempel di dinding rahim. Pada usia ini akan mulai terjadi pelepasan hormon HCG. Saat hormon ini sudah muncul, tes kehamilan yang Mom lakukan bisa ditemukan jawabannya. Di usia ini pula, perkembangan janin usia 1 bulan sudah mulai membentuk embrio.

  1. Perkembangan Janin Usia 3 Minggu

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, usia 2 hingga 3 minggu adalah awal pembentukan embrio. Di usia ini, embrio yang tidak melekat pada rahim akan tumbuh. Tulang belakang, tulang iga hingga sistem syaraf akan mulai terbentuk di usia ini meskipun bentuknya masih abstrak. Begitu juga dengan jaringan lain seperti jantung dan pembuluh darah.

  1. Perkembangan Janin Usia 4 Minggu

Perkembangan janin usia 1 bulan tepatnya di usia empat minggu sel-sel terluar embrio mulai membentuk jaringan ke suplai darah Mom. Lalu, sel-sel bagian dalam juga terbentuk menjadi beberapa bagian yang terbagi atas lapisan endoderm, mesoderm, dan ektoderm. Bagian endoderm nanti akan membentuk menjadi sistem pernapasan dan pencernaan bayi.

Bagian keduanya adalah mesoderm. Bagian ini nantinya akan membentuk beberapa organ penting seperti jantung. Terakhir, ektoderm. Lapisan terluar ini nantinya akan menjadi sistem syaraf, otak, enamel gigi, kuku, lensa mata dan kulit bayi. Perkembangan janin usia 1 bulan masih bergantung pada dinding rahim dan akan berganti dengan plasenta nantinya.

Nah, Mom sudah tahu perkembangan janin usia 1 bulan dari minggu pertama hingga minggu ke empat, kan? Pada akhir minggu ke empat, sebagian Mom akan mulai merasakan morning sickness. Gejala ini pada sebagian wanita sangat parah. Tapi, sebenarnya itu adalah hal yang wajar. Nanti juga akan kembali setelah janin makin tambah tua.

Leave a Reply