Perkembangan Bayi 1 Bulan ke Atas dalam Kemampuan Motorik

 

Kemampuan motorik saat bayi berusia 1 bulan bisa dioptimalkan dengan baik sesuai dengan kemampuannya. Perkembangan bayi 1 bulan dalam hal motorik atau geraknya bisa dilihat dalam 5 hal ini. Mom bisa memantau perkembangan si kecil dalam beberapa hal yang akan diuraikan berikut ini. Simak terus ya, Mom.

  1. Fokus dalam Penglihatannya

Fokus dalam penglihatan merupakan suatu kemampuan motorik yang sudah dimiliki bayi usia 1 bulan. Perkembangan bayi 1 bulan bisa dioptimalkan dengan mengajaknya bermain, berinteraksi, dan memberikan mainan serta dekorasi kamar yang menarik. Dengan demikian, fokus bayi bisa dilatih. Kontak mata bayi dengan lingkungan sekitar juga akan baik.

  1. Menggeleng-gelengkan Kepala

Menggeleng-gelengkan kepala merupakan suatu tanda perkembangan bayi 1 bulan dalam hal motorik. Bayi usia 1 bulan sudah mulai mampu menggerakkan kepalanya sebagai responnya dalam berkomunikasi. Gerakan geleng kepala ke kanan dan kiri ini juga sebagai bentuk respon dari bayi ketika tertarik terhadap suatu benda atau hal apapun.

  1. Mulai Mencengkeram Tangan

Mulai mencengkeram tangan merupakan salah satu tanda penting dalam pergerakan bayi 1 bulan. Dalam usianya ini, bayi akan mengenali orang-orang di sekitarnya dan mulai bisa berinteraksi.

Cara untuk menunjukkan kemampuannya dalam berinteraksi adalah dengan mencengkeram tangan orang yang ada di sekitarnya. Perkembangan bayi 1 bulan ini sangatlah baik untuk dioptimalkan dan menjadi awal kemampuannya untuk bersosialisasi dengan orang lain. Mom bisa mengenalkan orang-orang terdekat untuk merangsang kemampuan bayi bersosialisasi.

  1. Mulai Belajar Berpindah Posisi

Perkembangan bayi 1 bulan bisa dioptimalkan dengan melatihnya untuk mampu berlajar berpindah posisi. Kemampuan untuk berlatih memiringkan badan dan tengkurap bisa diefektifkan saat bayi berusia 1 bulan ini. Mom dapat melatihnya secara rutin dengan posisi yang benar.

Kemampuannya untuk bergerak ini termasuk kemampuan motorik yang harsu dilatih sesuai dengan usianya. Pindah posisi ini harus diawasi dengan baik agar tak membahayakan bayi. Mom juga bisa memberikan batasan dalam ruang geraknya dengan memberikan guling di samping kanan dan kirinya.

  1. Mengangkat Tangan dan Kaki

Pergerakan tangan dan kaki sebagai anggota gerak, juga bisa dilakukan dengan baik oleh bayi yang sudah berusia 1 bulan. Ia sudah aktif bergerak dengan mengangkat tangan dan kaki dengan baik. Tanda-tanda ini menunjukkan bayi Mom sehat dan bisa bergerak aktif. Jika sudah demikian, optimalkan dengan memberikan benda-benda sebagai mainannya.

Berbagai tanda aktif bayi usia 1 bulan tersebut bisa menjadi panduan Mom dalam mengembangkan kemampuan bayi. Perkembangan bayi 1 bulan dapat dioptimalkan dengan melatih bayi agar bisa melakukan berbagai hal di atas guna mendukung kemampuan bayi pada tahap perkembangan selanjutnya. Pemberian makanan bernutrisi juga perlu dipenuhi.

Leave a Reply