Permainan yang Bisa Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 9 Bulan Lebih

 

Mengamati perkembangan bayi 9 bulan memang selalu membuat orang tua bahagia. Tingkahnya yang menggemaskan saat berusaha untuk merangkak, berdiri, berkeliling menjelajahi rumah, serta respon yang baik saat diajak bicara dan bermain. Nah, mengenai permainan yang bisa mengoptimalkan perkembangannya, Mom bisa coba permainan berikut.

  1. Permainan Tangan

Permainan paling sederhana ini ternyata bisa juga dijadikan stimulus untuk merangsang perkembangan bayi. Mom bisa mengajarkannya bersalaman, mengaitkan jari Mom dan bayi, atau bertepuk tangan. Permainan sederhana lainnya untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 9 bulan yang bisa dilakukan dengan bantuan tangan adalah ‘cilukba’.

Tutup muka Mom dengan kedua telapak tangan, lalu panggil namanya. Setelah yakin pandangannya terfokus pada Mom, buka telapak tangan Mom sambil berkata ‘cilukba’. Selingi dengan tangan Mom yang tidak dibuka-buka. Jadi, bayi Mom tergerak untuk mendekat dan ‘memaksa’ jari-jari Mom menjauh dari wajah.

  1. Permainan Mencari Barang

Perkembangan bayi 9 bulan juga semakin optimal jika Mom mengajaknya untuk melakukan permainan yang merangsang saraf motoriknya. Salah satunya adalah permainan mencari barang. Lagipula pada usia ini, otot-otot jari tangan mungilnya semakin menguat sehingga memudahkanuntuk pergerakan.

Mom bisa coba menggelindingkan bola ke balik sofa, tapi pastikan bayi Mom melihat pergerakan bola tersebut menuju sofa. Selanjutnya, dia akan mencari bola itu sebelum memainkannya sendiri atau mengembalikannya pada Mom. Pindahkan lagi bola tersebut dengan cara melemparnya ke atas sofa.

Tangannya sudah cukup kuat untuk berpegangan pada sofa. Dia akan berdiri dan mulai mencari bola yang Mom lempar. Sebaiknya, jauhkan dulu meja sofa untuk menghindari terbenturnya tubuh buah hati Mom saat kelelahan berdiri lalu menjatuhkan dirinya untuk duduk. Perkembangan bayi 9 bulan memang membuatnya aktif, tapi dia juga mudah lelah.

 

  1. Menggambar dengan Crayon

Jari-jari bayi usia 9 bulan lebih bukan hanya kuat untuk menopang tubuhnya saat merangkak, tapi juga sudah bisa menggenggam benda dengan baik. Apalagi jika ukurannya kecil seperti crayon. Jadi, Mom bisa dengan mudah mengajarkannya menggambar. Beri contoh dulu oleh Mom dengan cara membuat gambar hewan di selembar kertas kosong atau buku gambar.

Kemudian, berikan sebatang crayon sesuai pilihannya, lalu arahkan pada kertas gambar. Meski masih berupa corat-coret, hal ini menunjukkan perkembangan bayi 9 bulan yang sudah berjalan dengan baik dan normal. Selama melakukan permainan ini, pastikan untuk terus memperhatikannya agar tidak memasukkan crayon tersebut ke mulutnya.

  1. Bercerita atau Mendongeng

Permainan lainnya yang bisa mengoptimalkan perkembangan bayi 9 bulan adalah dengan mengajaknya bercerita atau mendongeng. Bayi usia 9 bulan ke atas biasanya sudah pandai merespon setiap perkataan orang di depannya.

Jadi, Mom bisa coba untuk terus mengajaknya berbicara. Alternatif lainnya, buka buku bergambar dan berwarna yang berisi hewan atau tumbuhan. Ceritakan dengan detail tentang nama-namanya. Meski ocehanya masih belum jelas, respon yang diberikan sudah cukup baik.

Amati terus perkembangan bayi 9 bulan lebih agar Mom bisa mengiringinya dengan permainan lain yang bisa mengoptimalkan perkembangannya tersebut. Jika ingin memberinya mainan berbentuk hewan, pastikan keamanannya dan pilih dari bahan karet dengan ukuran yang tidak memungkinkan untuk tertelan olehnya. Selamat mencoba, Mom!

 

Leave a Reply