Perubahan Fisik karena Perkembangan Janin Usia 4 Bulan Setengah

 

Setelah menginjak usia 4 bulan, kondisi kesehatan janin lebih stabil. Morning sickness yang dialami ibu hamil sudah berkurang, meskipun ada beberapa yang masih mengalami. Perkembangan janin usia 4 bulan setengah juga sudah menimbulkan perubahan fisik yang berarti bagi ibu hamil. Apa saja perubahan fisik tersebut?

  1. Perut yang Membesar

Pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat dan kuat merupakan harapan dari setiap orang tua. Perut yang membesar saat kandungan menginjak usia 4 bulan akibat tumbuh kembang si kecil yang optimal. Perubahan fisik ini lebih terlihat dibanding sebelumnya. Perut yang mulai terlihat buncit ini menyebabkan Mom harus beradaptasi dalam berkegiatan.

Dengan kondisi fisik perut yang membesar, maka pergerakan mulai terbatas dan tidak seleluasa biasanya. Kehati-hatian perlu dilakukan agar tidak membahayakan ibu dan bayi. Untuk menunjang perkembangan janin usia 4 bulan lebih yang optimal, batasilah aktivitas yang berat karena keseimbangan tubuh mulai sulit dijaga akibat perut yang membesar.

  1. Area Kulit Bagian Perut Mengalami Peregangan

Perubahan fisik selanjutnya yang dialami oleh Mom saat usia kehamilan mencapai awal trimester kedua adalah area kulit bagian perut yang mengalami peregangan. Peregangan ini disebabkan karena janin yang semakin membesar, sehingga perut membesar. Kulit bagian perut tentu saja meregang dan tak jarang menyebabkan stretchmark.

Selain mengalami peregangan tersebut, perkembangan janin usia 4 bulan lebih dengan janin yang sudah besar ini juga menyebabkan hiperpigmentasi. Hal ini berkaitan dengan warna kulit (pigmen). Karena kulit mengalami peregangan, maka pigmen-nya juga berubah dengan munculnya garis hitam di bagian bawah perut.

  1. Kerontokan Rambut Mulai Berkurang

Rambut rontok yang dialami oleh beberapa ibu hamil saat masa awal kehamilan juga berkurang saat kandungan berusia 4 bulan. Rambut yang semula mengalami kerontokan akibat perubahan hormon akan kembali tumbuh normal dan menjadi seperti semula saat usia kandungan menginjak 4 bulan setengah.

Salah satu perubahan fisik karena perkembangan janin usia 4 bulan ini merupakan berita bahagia bagi ibu hamil. Dengan rambut yang tumbuh normal kembali, mahkota wanita akan kembali dan mengembalikan penampilan yang cantik.

  1. Tubuh yang Mudah Lelah

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, tubuh ibu hamil semakin mudah lelah. Kelelahan yang berlebihan tentu membahayakan kondisi janin dan juga ibu. Sebaiknya, kurangi aktivitas karena perkembangan janin usia 4 bulan ini tergolong pesat dan membutuhkan penyesuaian. Mom harus mengimbanginya dengan istirahat yang cukup.

Perubahan fisik semakin bertambah dan terlihat seiring bertambahnya usia kandungan. Mom harus mempersiapkan mental untuk perubahan fisik ini. Beradaptasi dengan perubahan bisa dilakukan agar tetap nyaman selama proses kehamilan. Untuk menunjang perkembangan janin usia 4 bulan setengah, periksakan kandungan secara rutin ke dokter.

Leave a Reply