Susah Tidur di Kehamilan 9 Bulan? Lakukan 4 Hal Ini

Susah tidur di kehamilan 9 bulan atau pada trimester akhir adalah hal yang biasa dialami ibu hamil. Mom pastinya pernah merasakan hal ini juga, kan? Ini sebenarnya adalah hal yang wajar dikarenakan kondisi janin yang semakin membesar. Nah, untuk mengatasinya Mom harus melakukan beberapa hal. Apa saja yang bisa Mom lakukan agar gangguan ini teratasi?

  1. Hindari Posisi Tidur Telentang di Kehamilan Usia 9 Bulan

Tidur dengan posisi telentang pada usia kehamilan yang memasuki bulan ke sembilan bukanlah hal yang direkomendasikan apalagi baik untuk dilakukan. Bila Mom tidur dalam posisi ini selama kehamilan 9 bulan, sirkulasi darah Mom akan mengalami keterlambatan. Ini dikarenakan pembuluh aorta dan vena cafa inferior mengalami tekanan.

Kedua pembuluh ini berada di bagian belakang organ peut dan bertuas sebagai pengalir darah dari jantung ke seluruh tubuh dan mengembalikannya lagi ke jantung. Jika hal ini terjadi, sirkulasi darah Mom dan bayi yang dikandung akan terganggu. Selain itu, posisi ini juga menyebabkan Mom dan bayi sulit bernapas karena asupan oksigen yang kurang.

  1. Hindari Posisi Tidur Telungkup di Kehamilan 9 Bulan

Selain posisi tidur telentang, posisi tidur telungkup juga tidak diperbolehkan pada ibu hamil. Hal ini malah lebih parah ketimbang posisi tidur telentang. Pada posisi ini, rahim dan payudara Mom akan tertekan oleh perut sehingga Mom akan kesulitan bernapas. Begitu juga dengan bayi yang Mom kandung.

  1. Tidur dengan Posisi Miring di Kehamilan Usia 9 Bulan Pilihan Tepat

Posisi tidur yang baik di usia kehamilan 9 bulan adalah miring. Posisi ini adalah yang terbaik karena dianggap lebih nyaman dan aman untuk perut dan bayi yang Mom kandung. Disarankan, miringlah ke posisi kiri. Hal ini dikarenakan bagian tubuh lain tidak menekan organ hati. Posisi ini juga bagus untuk peningkatan sirkulasi darah.

  1. Tidur dengan Bantal pada Kondisi Tertentu di kehamilan 9 Bulan

Pada keadaan tertentu, misalnya Mom mengalami nyeri di ulu hati, sebaiknya tidurlah dengan bantal di bawah kepala yang lebih tinggi. Tujuan dari penempatan bantal ini adalah untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Mom juga bisa meletakkan bantal di bawah perut pada saat berbaring ke samping.

Tujuannya adalah untuk menopang perut Mom. Bila perlu, belilah bantal panjang khusus untuk ibu hamil yang bisa mendukung posisi tidur ibu hamil 9 bulan. Jika Mom mengalami sesak nafas, sebaiknya letakkan bantal di bawah sisi tubuh. Tujuannya tentu saja agar dada Mom terangkat sehingga saluran pernapasan lebih lancar.

Nah, sekarang Mom sudah mengetahui bagaimana caranya mengatasi susah tidur pada kehamilan 9 bulan yang Mom alami, kan? Tidur dalam kondisi hamil 9 bulan memang merepotkan. Namun, Mom bisa menyiasatinya dengan hal di atas. Dengan begitu, diharapkan Mom bisa memiliki waktu istirahat yang berkualitas.

Leave a Reply