Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan dan Stimulasinya

 

Jika bayi 7 tahun sudah belajar untuk merangkak, maka perkembangan bayi 8 bulan sedikit lebih maju, yaitu sudah bisa berdiri dengan penopang atau bantuan seperti pinggiran sofa. Bayi juga sudah bisa duduk menekuk lutut setelah lelah beridiri. Bagi Mom yang memiliki bayi usia ini, simak tahap perkembangan dan cara menstimulasinya seperti berikut ini.

  1. Bisa Bicara dengan Benar, Stuimulasinya: Komunikasi

Perkembangan bayi 8 bulan tahap pertama ditandai dengan kemampuan berbicaranya sudah semakin baik. Jika pada bulan-bulan sebelumnya masih kosakata abstrak, kini dia bisa memanggil ‘mama’, ‘papa’, atau ‘mom’, sesuai yang sering Mom ajarkan padanya.

Oleh karena itu, stimulan terbaik mengoptimalkan tahap perkembangan ini adalah dengan rajin-rajin mengajaknya berkomunikasi. Tanyakan hal-hal ringan padanya, seperti sedang melakukan apa atau menceritakannya sebuah dongeng. Mom bisa bercerita sambil menggunakan model mainan atau buku bergambar.

Mengiringi tahap perkembangan bayi 8 bulan ini, dia mulai gemar berceloteh. Selain ‘mama’, ‘papa’, dan ‘mom’, latih dia untuk mempelajari nama-nama benda di sekitarnya untuk memperbanyak kosakata baru. Misalnya anggota tubuh seperti mata, benda terdekat seperti kursi, atau hewan yang lewat seperti kucing, cicak, atau semut.

  1. Aktif Menggerakkan Anggota Tubuh, Stimulasinya: Mainan

Tahap perkembangan bayi 8 bulan berikutnya adalah keaktifannya dalam menggerakkan semua anggota tubuh. Dia mulai sering merankak ke sana ke mari, mencoba untuk berdiri dan berjalan dengan cara merambat, melempar barang, dan mengunyah. Untuk yang terakhir, sebaiknya pilih stimulan berupa mainan yang aman dan tidak mudah tertelan.

Mom juga bisa memberinya biskuit bayi yang sesuai dengan ukuran genggamannya (finger foods). Misalnya, wortel dan brokoli yang sudah dimask lunak. Sayur-sayuran ini juga bisa menjadi pembelajaran awal untuknya agar menyukai semua jenis sayur. Meski demikian, perkembangan bayi 8 bulan belum membuatnya terampil makan sendiri.

Jadi, awasi saat dia makan ‘camilan’ tersebut agar bisa segera memberi pertolongan jika dia tersedak. Karena bayi usia ini juga suka meniru, sebaiknya Mom memberinya mainan yang menyerupai benda aslinya, misalnya gelas, handphone, dan buah-buahan dari plastik yang aman bagi bayi.

  1. Peniru yang Handal, Stimulasinya: Tepuk Tangan dan Pelukan

Tahap perkembangan bayi 8 bulan berikutnya adalah mampu meniru dengan baik setiap perilaku orang di sekitarnya, termasuk di antaranya adalah Mom. Aktivitas menelpon, membaca buku, menyisir rambut, berdandan, menyapu lantai, dan lainnya yang tidak luput dari perhatiannya, akan dengan mudah untuk dia tiru.

Jika dia meniru kegiatan yang postif seperti membaca buku atau menyapu lantai, beri dia awards berupa tepuk tangan. Sebaliknya, jika berdandan atau mencoba mendekati dapur untuk menyalakan kompor, larang dan beri pelukan agar tidak membuatnya terkejut.

Tahap-tahap perkembangan tersebut sebenarnya masih relatif dan berbeda-beda pada tiap anak. Jangan khawatir jika buah hati Mom belum mencoba untuk berdiri saat memasuki usia ini. Tapi, Mom tetap perlu mengonsultasikannya pada dokter untuk menghilangkan kekhawatiran terhadap tumbuh kembangnya.

 

Leave a Reply