Tanda Penting Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Sehat

 

Bayi yang sudah menginjak usia 4 bulan sudah mulai aktif bergerak dan berbicara. Selain perubahan secara garis besar, banyak perkembangan bayi 4 bulan yang harus diperhatikan sebagai tanda penting tumbuh kembangnya yang sehat. Berikut ini adalah tanda penting sebagai standar mengukur keoptimalan tumbuh kembang si kecil yang berusia 4 bulan.

  1. Tersenyum kepada Orang yang Menarik Perhatian

Respon bayi 4 bulan sangat terlihat dari caranya dalam bersosialisasi dengan orang-orang di sekelilingnya. Bayi akan memberikan senyuman sebagai bentuk respon kepada orang yang dikenalnya ataupun yang menarik perhatiannya. Ekspresi senang dan ramah ini juga bisa menjadi suara tawa kecil sebagai tanda penting perkembangan bayi 4 bulan dalam sosial.

  1. Meraih Benda yang Menarik Perhatiannya

Kemampuan motorik bayi usia 4 bulan sudah mulai aktif. tanda pentingnya adalah sudah mampu mengenali benda-benda kesukaannya, ingin mengenal benda-benda yang menarik perhatiannya, dan ingin meraih apapun yang dianggapnya menarik. Perkembangan bayi 4 bulan yang sehat ini harus tetap diawasi agar bayi tidak meraih benda-benda berbahaya.

Alangkah baiknya, jauhkanlah benda-benda berbahaya, seperti gunting, cutter, dan benda tajam lainnya. Benda berukuran kecil, seperti koin, jarum, manik-manik, benda lainnya agar tidak dimasukkan ke mulut dan membahayakan dirinya. Jauhkanlah juga bayi dari benda-benda yang terbuat dari kaca, karena dikhawatirkan bisa pecah dan membuatnya terluka.

  1. Mulai Berceloteh dengan Vokal “a”

Saat usianya 4 bulan, bayi akan mulai mampu berceloteh dengan memperhatikan gerak mulut Mom dan orang di sekitarnya. Karenanya, tetaplah ajak bayi bicara sesering mungkin agar kemampuan intelektualnya meningkat. Perkembangan bayi 4 bulan ini sudah bisa mulai berceloteh dengan mengeluarkan kata-kata dengan vokal “a”.

Kata-kata yang umumnya sering terucap adalah kata “papa, mama, yaya, dan sebagainya.” Huruf vokal “a” ini yang sangat dominan dalam celotehan bayi usia 4 bulan ini dan intensitas pengucapannya bisa makin banyak.

  1. Mampu Menggulingkan Badan

Perkembangan bayi 4 bulan yang sehat tentunya bisa mulai aktif bergerak. Salah satunya adalah mampu menggulingkan badannya dari posisi telentang ke tengkurap atau sebaliknya. Kemampuannya ini menandakan bahwa ia tumbuh aktif dan sehat. Mom tetap harus mengawasi pergerakan si kecil agar tetap aman dan agar tidak terjatuh dan terluka.

  1. Bisa Berlatih Duduk

Mom sudah bisa mengajak si kecil duduk bersama ketika sudah berusia 4 bulan. Kondisi tulang belakangnya yang sudah menguat, tentu akan membuatnya bisa duduk dengan baik. Sebagai awalnya, posisikan bayi untuk duduk dengan sandaran di belakangnya. Lama kelamaan, bayi akan mampu duduk sendiri dengan tegak.

Beragam tanda penting tersebut bisa menjadi panduan bagi Mom untuk memperhatikan perkembangan bayi 4 bulan. Keoptimalan tumbuh kembangnya bisa dipantau dengan berbagai tanda tersebut. Berikan juga benda-benda menarik sebagai mainannya dan tentunya harus aman agar bisa dijadikan media untuk merangsang kemampuannya.

Leave a Reply